7 wisata di Gunung Kidul Selain Pantai

Gunung kidul terkenal dengan  pantai, banyak terdapat pantai yang indah. Akan tetapi keindahan alam selain pantai pun sangat indah, inilah 7 wisata di Gunung Kidul selain pantai:
1.      Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oya. Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu primadona pariwisata yang ada di Yogyakarta dan Gunung Kidul pada khusunya. Air Terjun Sri Gethuk memiliki ketinggian ± 50 m, aliran air dari atas langsung menuju ke sungai oya, untuk menikmati keindahan Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung harus menyusuri sungai oya dengan menggunakan rakit yang telah disediakan oleh pengelola pariwasata, atau Dapat ditempuh dengan jalan kaki melewati pematang sawah sejauh 450 meter kemudian dilanjutkan dengan menuruni anak tangga berjumlah sekitar 96 anak tangga. Untuk mencapai air terjun tersebut dapat juga dengan berjalan menyusuri tebing Slempret yang berujung ke lokasi air terjun Sri Gethuk.

2.      Goa Pindul

Goa Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Goa Pindul dikenal karena cara menyusuri goa yang dilakukan dengan  menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua, di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini. Panjang gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter.Penelusuran gua Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Obyek wisata Gua Pindul diresmikan pada 10 Oktober 2010.

3.      Gunung Api Purba (nglanggeran)

Gunung Api Purba, atau masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya sebagai gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretan Pegunungan Sewu.Gunung ini merupakan salah satu spot untuk menikmati matahari terbit.

4.      Goa Jomblang

Goa jomblang merupakan goa vertikal yang terkenal dengan cahaya “ilahi”-Nya yang masuk melalui lubang pintu masuk,goa ini.  Goa Jomblang terletak di kecamatan Semanu tepatnya didesa pacar rejo,,masyarakat sekitar biasa menyebut dengan luweng jomblang,arti dari kata luweng yaitu lubang vertikal, untuk memasuki goa ini dibutuhkan alat-alat khusus dikarenakan pintuk masuk goa yang berbentuk vertical. Sebenarnya ada 2 goa disini yaitu goa jomblang dengan hutan purba nya dan goa grubug,goa jomblang memiliki kedalaman sekitar 80 m sedangkan goa grubug memiliki kedalaman 120 m. Goa ini pada jaman dahulu pernah dijadikan tempat pembuangan mayat-mayat para perampok maupun pki,tapi seiring nya perkembangan jaman goa ini kini dijadikan tempat wisata,daya tarik goa ini adalah cahaya nya yang menembus lubang dari goa grubug  tepat pukul 12 siang, penelusuran goa sepanjang 250 m ini memerlukan waktu sekitar 3-4jam.

5.      Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran merupakan kolam buatan yang fungsi utamanya untuk menampung air hujan yang dibangun di lokasi Kebun Buah Nglanggeran. Ini merupakan alternatif objek wisata lain jika andan berkunjung ke Gunung Api Purba yang letaknya pun tidak jauh dari Gunung Api Purba.
Embung Nglanggeran ini mempunyai luas sekitar 5000 M2 dan dikelilingi oleh kebun buah. Buah-buahan yang tumbuh di sekitarnya antara lain adalah kelengkeng, durian dan rambutan. Sedangkan pada musim kemarau, biasanya air di embung ini pun digunakan oleh para petani untuk mengairi sawah-sawah mereka yang berada di kaki bukit.
Dari atas puncak Embung Nglanggeran ini, Anda dapat melihat pemandangan sunset yang sungguh menawan dari atas sana. Dan tak lupa, dari seberang Embung Anda juga dapat melihat Gunung Api purba.
6.      Puncak Green Village

Puncak Green Village merupakan tempat destinasi wisata baru yang terletak di kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul. Wisata ini menyajkan pemandangan panorama alam dari atas bukit. Dengan bentangan sebuah dataran tinggi Sriten di bagian timur dan pemandangan persawahan di Klaten terlihat jelas dari puncak Green Village Gedangsari. Saat malam hari akan terlihat cahaya bak bintang yang merupakan cahaya lampu dari warga Klaten Jawa Tengah. Udara sejuk khas pedesaan juga dapat dirasakan saat berkunjung ke salah satu perbukitan di Gedangsari tersebut. Datangah ke Puncak Green Village saat siang hari jika cuaca sedang bersahabat maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan punak Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu, atau jika anda ingin menikmati sunset atau ingin melihat cahaya lampu seperti bintang yang berasal dari rumah penduduk warga klaten  maka berkunjunglah pada sore hari, suasana yang sepi dan sejuk khas pedesaan akan membantu anda untuk mengusir penat dari kesibukan anda.
7.      Bukit Bintang
Bukit Bintang merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di perbukitan Pathuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama asli tempat ini adalah Bukit Hargo Dumilah namun lebih dikenal dengan nama Bukit Bintang karena dari tempat ini Anda bisa menyaksikan indahnya kerlap-kerlip cahaya lampu bak cahaya bintang. cahaya lampu tersebut sebenarnya berasal dari pancaran lampu rumah penduduk di wilayah Yogyakarta dimana bila dilihat dari atas bukit ini maka pancarannya akan nampak seperti cahaya bintang jika anda berkunjung pada malam hari.
Bukit ini terletak di ketinggian sekitar 150 meter di atas kota Yogyakarta, sehingga tak heran bila udara di tempat ini cukup sejuk namun juga dingin. Bukit ini semakin ramai oleh pengunjung yang ingin melihat keindahan kota Yogyakarta di pada malam hari dari ketinggian.

inilah 7 wisata di Gunung Kidul selain pantai, semoga traveler menikmatinya 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 wisata di Gunung Kidul Selain Pantai"

Post a Comment