Taman Laut Nasional Wakatobi

Taman Laut Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Di taman nasional  wakatobi ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Gugusan terumbu karang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 keluarga terumbu karang yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai.


Di samping keindahan yang disajikan oleh beraneka ragam terumbu karang, taman laut Nasional Wakatobi tersebut juga memiliki ragam spesies ikan. Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias di antaranya
Bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam bawah laut dapat melakukan beberapa kegiatan di Taman Nasional Wakatobi, seperti menyelam, snorkeling dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang sangat indah dan berbagai hewan bawah laut dan juga bisa menyaksikan berbagai kebudayaan masyarakat setempat. Taman Laut Nasional Wakatobi merupakan salah satu Taman Laut yang paling indah yang ada di Indonesia.

Untuk mencapai Taman Laut Nasional Wakatobi ini bisa dari arah Kendari (Ibukota Provinsi Sumatera Tenggara) ada beberapa alternatif untuk menuju Taman Nasional Wakatobi, pertama dari Pelabuhan Kendari menuju ke Bau-bau dengan menggunakan speedboat, dari Bau-bau diteruskan dengan menggunakan perahu kayu menuju Wanci (Pulau Wangi wangi). kedua, dari Pelabuhan Kendari langsung menuju Wanci dengan menggunakan kapal kayu yang berangkat 3 kali seminggu. jarak tempuh antara Pelabuhan Kendari dan Wanci sekitar 10 jam dengan menggunakan perahu kayu. Atau Kalau dari Surabaya, Jakarta, atau kota-kota lain, bisa menggunakan jalur udara untuk langsung menuju Bau-bau (Pulau Buton). kemudian dilanjutkan ke Wanci di Pulau Wangi-wangi, yang merupakan Pintu Masuk ke Taman Laut Nasional Wakatobi.

Banyak juga terdapat penginapan yang terdapat di sekitar Taman Laut Nasional Wakatobi, jadi sangat mudah untuk dapat menikmati keindahan bawah laut Taman Laut Nasional Wakatobi. Selamat datang dan bersenang – senang, jangan lupa jaga keindahan alam kita.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Taman Laut Nasional Wakatobi"

Post a Comment