Dieng Culture Festival : Keren, Romantis, dan Istimewa

Dieng Culture Festival 2016  akan segera digelar, acara  ini merupakan salah satu mimpi saya yang belum terwujud (semoga di tahun ini bisa ke sana, amiin ya robbal alamiiiin hehehe), salah satu festival budaya yang sangat keren, romantis, dan istimewa di Indonesia, DCF diadakan setiap setaun sekali pada musim kemarau, biasanya bulan agustus. Gak kebayang kan dinginnya dieng pada saat musim kemarau? bisa sampai minus 5 derajat celcius bro…  tahun lalu saja tidak kurang dari 20 ribu orang hadir di Dieng Culture Festival.  festival kebudayaan dieng ke -7 yang akan dihelat pada tanggal 5 -7 Agustus 2016 ini sungguh sayang untuk dilewatkan bagi para pecinta seni budaya, dan traveler. Karena selain acara dieng culture fest, banyak juga lokasi wisata yang ada disini.  saya akan membahas beberapa agenda inti yang ada di dieng culture festival ke 7 ini dan hal yang kamu bisa nikmati saat berkunjung ke sini, awas ada acara yang romantis dan bikin baper!!!

Jazz atas awan

Kenapa disebut jazz atas awan?bayangin aja, biasanya musik jazz disajikan di cafe, dalam gedung, stadion. Kalau yang ini sungguh beda, musik jazz yang digelar di alam dieng yang indah, lebih  tepatnya di pelataran candi arjuna dan di atas ketinggian 2000 mdpl!! Rasanya seperti kalian sedang berada  di sebuah negeri diatas awan dengan suhu 4 derajat celcius dan di sana, kalian mendapati Kenny G sedang berkolaborasi dengan Indra Lesmana, Krakatau, Dave Koz, Sudjiwo Tedjo memainkan sebuah musik yang syahdu…sadis gan!!! Lebih syahdu lagi menikmati musik jazz atas awan ini sama sang kekasih hati. Hahahaha.

Festival Lampion

Pastikan punya pasangan saat mengikuti acara ini!! masak ya kamu buat lampion sendiri, terus berdoa sendiri sebelum diterbangin, memang sih lebih seru jika sama temen – temen. Tapi akan lebih romantis lagi jika kamu mengikuti acara ini bareng sama pacarmu, bikin lampion bareng, berdoa bareng (doanya semoga tahun besok kesini lagi dengan status yang udah sah!!!hehehe) terus deh lampionnya diterbangin bareng doa – doa yang sudah kamu panjatkan, sumpah romantis banget!!!
Aaakkkk ayok dek ke dieng culture fest sama abang.

Ritual pemotongan rambut gimbal…


Acara sakral sebagai penutup Dieng Culture Festival, yaitu sebuah upacara pemotongan rambut gimbal atau gembel yang sering disebut dengan Ruwatan. Pemotongan dilakukan pada saat anak telah cukup umur (lebih kurang dari 7 – 10 tahun)  dan orang tuanya telah sanggup memenuhi syarat-syarat yang diperlukan.  Anak – anak yang akan dipotong rambutnya biasanya akan meminta sesuatu yang wajib dipenuhi oleh orang tuanya, misalnya minta mainan, uang,sepeda, kambing atau benda – benda yang lainnya. Jika tidak dipenuhi maka akan mendapat kutukan dari dewa.
Salah satu fenomena antropologi yang harus dipertahankan.

Carica, mie ongklok dan…. Purwaceng

Semua itu adalah makan dan minuman khas dari dieng, wonosobo. Sayang jika kalian tidak menikmatinya, setelah mengikuti acara yang padat sudah pasti kalian lapar, nah mie ongklok ini cocok buat kalian yang lapar, semangkok mie ongklok yang panas sangat pas dinikmati dengan cuaca dinginnya dieng…ngiler deh. Hehehe. Habis makan mie ongklok, saatnya minum – minuman khas dieng, purwaceng !! Kalian cari tau sendiri deh purwaceng tuh minuman apa, yang jelas halal !! sebelum pulang ke kota kalian masing – masing belilah dulu carica asli dieng buat oleh – oleh keluarga di rumah….hehehe.

Banyak destinasi wisata yang indah…
Rugi kalo ke dieng culture festival  tidak sekalian berkunjung ke tempat wisata dieng, banyak tempat yang indah dan keren, seperti telaga warna, puncak sikunir, sumur jalatunda, telaga merdada dan masih banyak lagi, sudah saya bahas di artikel sebelumnya hehehe.

Itulah beberapa hal yang kalian bisa jumpai saat mengikuti Dieng Culture Festival, berikut ini adalah rundwon acara dieng culture festival

“AGENDA DIENG CULTURE FESTIVAL 2016”

5 AGUSTUS

14.00 -  Dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah
15.00 – Maiyahan oleh Cak Nun dan Kiai Kanjeng
20.00 - Pertunjukan jazz atas awan  


6 AGUSTUS

04.00 - Sunrise Tracking
07.00 – Jalan santai keliling desa
09.00 - PURWACENG PARTY
10.00 - PARADE SENI BUDAYA
19.30 - FIREWORKS & SKYLANTERNS

7 AGUSTUS

06.30 - KIRAB BUDAYA
09.00 - JAMASAN
10.00 - RUWAT & CUKUR
13.00 – Larungan rambut gimbal


Jadi sekali lagi dek, maukah nemenin abang ke Dieng Culture Festival ?? acara super keren, romantis dan istimewa ini??hmmm

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dieng Culture Festival : Keren, Romantis, dan Istimewa"

Post a Comment