Luweng Sampang

Apa itu Luweng? mungkin sebagian orang masih penasaran dengan kata luweng, Sebuah tempat yang berupa air terjun kecil dari aliran sungai dengan corak bebatuan khas Gunungkidul yang mirip dengan Green Canyon, yaitu  air terjun yang meluncur di antara sela-sela bebatuan indah.... OMG!!! Luaaarrrr biasa !!!! Indaaaahhhh !!!

Dinamakan luweng sampang, karena luweng ini terletak di desa Sampang, kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, bukan sampang Madura lho ini sodara hahaha...
Kebetulan rumah saya dekat dengan lokasi wisata ini, karena kebetulan daerah sampang ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Gantiwarno, Klaten, ya kalau dari rumah saya yaitu kecamatan wedi  sekitar 15-20 menit naik roda 2.

hari libur saya sempatkan untuk blusukan ke sana (bukan blusukan ala pak Jokowi lho ya sodara hehehehe..), jalur yang saya ambil merupakan jalur yang sangat mudah dan aman, jalur ke Luweng Sampang satu arah ke Gunung Api Purba. Jalur itu dari Bendogantungan, lurus ke selatan, lewati desa canan, lurus sampai desa Jogoprayan Gantiwarno lalu kemudian sampang (kalau bingung ya pake google maps hehehe).

setelah beberapa menit naik motor, kami sampai di lokasi luweng sampang tersebut,  suasana agak sepi karena kami berangkat juga agak siang, sekitar jam 2 lebih sedikit.
Sebelum memasuki obyek wisata luweng sampang, motor kami parkir dipinggir jalan, kami bayar Rp 5000,- (tidak resmi) dan sekaligus sebagai biaya masuk obyek wisata di luweng sampang. Penjaga parkir sekaligus penjaga obyek wisata luweng sampang tersebut adalah seorang bapak – bapak paruh baya (kakek lebih tepatnya), dan rumahnya tidak jauh dari obyek wisata luweng sampang. Menurut kakek penjaga luweng sampang ini, ia bercerita kalau dulunya tempat luweng sampang ini merupakan tempat sejarah terbentukya manusia (uapaaaaaaaaaa).
Lupakan cerita kakek tadi, ini saya mau bercerita tentang keindahan luweng sampang. Pada saat melihat lokasi ini saya langsung disuguhi pemandangan yang sangat indah, sungai yang mengalir begitu tenanguk dari aliran sungai, air terjun yang terben, suasana khas pedesaan yang sejuk dan  menambah daya tarik wisata. Saya temui banyak anak – anak yang bermain di luweng tersebut, kedalaman yang tidak terlalu dalam jadi aman buat anak – anak bermain dan berenang di sana, ya mengingatkanku semasa kanak – kanak hehehe.. waktu yang tepat untuk pergi ke sana saya anjurkan pada musim penghujan, karena aliran air dari sungai menuju ke luweng sampang jika pas musim kemarau akan kering.

















Tips :
1.      Bawalah kendaran roda 2 saja, karena jalannya sempit kalo anda memakai mobil.
2.      Bawa baju ganti kalo ingin basah – basahan hehehe.
3.      Jalur yang saya anjurkan lewat klaten (soalnya lewat gunung kidul saya ndak tahu hahaha).
4.      Sekali lagi JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN !!!!!!
5.      Berdoa


Sekian informasi yang saya berikan semoga bermanfaat J

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Luweng Sampang"

Post a Comment