Pantai Pok Tunggal

Pohon Duras (Pok Tunggal)
Pantai Pok Tunggal masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa
Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Pok Tunggal berada di antara PantaiPulang Syawal (lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti) dan [[Pantai Siung]]. Pantai Pok Tunggal memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst.


Pada bagian pantai pok tunggal sisi timur dan barat pantai ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang. Nama Pok Tunggal sendiri diambil karena di lokasi pantai ini terdapat pohon langka dan masih kokoh berdiri yaitu Pohon Duras (Pok Tunggal). Satu lagi yang unik dari pantai ini adalah adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst yang berada di bawah pohon besar yang bisa digunakan untuk berteduh juga dari panas terik matahari. Air ini pula yang dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk setempat. Pemandangan pantai akan jauh lebih indah jika dinikmati dari bukit sebelah barat pantai. Selain itu dari balik bukit tebing di sebelah timur, Anda juga akan menjumpai beberapa primata liar yang sedang melompat kesana- kemari. Anda dapat sekedar menikmati pemandangan maupun berenang sepuasnya di batas bibir pantai. Pasir di sini cukup landai, sehingga tempat ini cukup aman untuk berenang, tapi harus hati - hati karena pada musim tertentu banyak terdapat bulu babi, jika tidak cermat akan sangat bahaya jika sampai terinjak oleh sodara sekalian...(jangan sampai). selain pasir putih pantai Pok Tunggal, sodara bisa menikmati sunset yang sang sangat indah. jadi jangan sampai terlewat kalau sodara sedang berkunjung ke jogja.




Tips:
  1.  Kendaraan harus fit, karena jalan menuju pantai Pok Tunggal masih kurang bagus, banyak bebatuan yang terjal, jadi rawan ban bocor.
  2. Selalu sedia bensin cadangan
  3. Jangan lupa bawa kamera
  4. Bawa air minum secukupnya (di sana sudah banyak warung ding...)
  5. Jangan pas musim hujan, view nya kurang maksimal
  6. JANGAN BUAH SAMPAH SEMBARANGAN...!!!!!!!
  7. Berdoa sebelum berangkat dan pulang
Semoga bermanfaat :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pantai Pok Tunggal"

Post a Comment